Diskusi Terpumpun Sinkronisasi Instrumen Survey Kepuasan, Sebagai Salah Satu Upaya Memastikan Peningkatan Budaya Mutu UNG

Selasa 06 Juni 2023 20:08:00 | 257x dibaca Image

Sebagai upaya meningkatkan budaya mutu di Universitas Negeri Gorontalo, Pusat Penjaminan Mutu LP3M menyelenggarakan Diskusi Terpumpun Sinkronisasi Instrumen Survey Kepuasan pada selasa 6 Juni 2023. Kegiatan ini merupakan pertemuan berkala yang rutin dilaksanakan oleh tim penjaminan mutu, dalam rangka menyamakan persepsi membahas seluruh instrumen survey kepuasan terhadap semua aspek penyelenggaran perguruan tinggi baik tridarma maupun keterlibatan pihak eksternal (mitra). Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo yang diwakili oleh Wakir Rektor Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M.Hum. Dalam sambutannya, “terdapat beberapa pesan yang disampaikan diantaranya pentingnya rapat dan diskusi terpumpun seperti ini terutama dalam memasuki T.A baru semester ganjil 2023/2024 yang membutuhkan kontrol dan evaluasi dari penjaminan mutu. Selain itu perlu dipikirkan penyusunan standar baru yang dapat melampaui SNDIKTI guna menopang pencapaian akreditasi program studi dengan predikat unggul. Dalam menunjang banyaknya agenda/kegiatan penjaminan mutu, diharapkan kepada Pusat Penjaminan Mutu LP3M membuat proposal kegiatan tahunan.” sambungnya.      

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik fakultas dan Ketua/Sekretaris Unit penjaminan mutu fakultas. Pada kesempatan ini, Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, MPd menyampaikan bahwa penjaminan mutu memiliki peranan penting dalam tonggak pencapaian akreditasi unggul. Untuk itu, dengan memperhatikan banyaknya instrumen survei kepuasan yang harus selalu diupdate dan disinkronisasi sesuai kebutuhan akreditasi maka kegiatan ini menjadi agenda rutin yang selalu dilaksanakan oleh Pusat Penjaminan Mutu LP3M.  

Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP3M, Jumiati Ilham, S.T.,MT menyampaikan output yang diharapkan dari diskusi ini yaitu rumusan dokumen semua instrumen survey yang sudah dikembangkan sesuai kebutuhan akreditasi baik yang disesuaikan dengan kriteria Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) maupun kebutuhan akreditasi internasional. “Untuk merumuskan dokumen instrumen survey kepuasan ini, kami telah menyusun tim finalisasi dokumen yang terdiri dari unsur penjaminan mutu LP3M dan Ketua/Sekretaris penjaminan mutu fakultas. Target kami seluruh dokumen selesai pada tanggal 12 Juni 2023” sambungnya.

Diskusi ini berjalan lancar dengan menyuguhkan ide dan saran dari peserta yang hadir, baik dari Wakil Dekan Bidang Akademik maupun dari Ketua/Sekretaris Unit Penjaminan Mutu Fakultas sangat antusias dalam merespon bahan materi yang disampaikan oleh pemantik/narasumber. Bahan materi yang dibahas pada diskusi ini yaitu Penyempuraan Instrumen Survey Kepuasan dan Pengelolaan Data Instrumen Survey Kepuasan, masing-masing disampaikan oleh Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP3M dan Kepala Divisi Data dan Informasi LP3M. Turut pula hadir dalam diskusi ini pengelola SIAT UNG dari Tim BAKP, yang merupakan mitra dalam pengelolaan data/laporan hasil survey kepuasan.