Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi PVKB Fakultas Teknik

Sabtu 29 Juli 2023 21:27:00 | 338x dibaca Image

Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd didampingi Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP3M Jumiati Ilham, ST.,MT dan Kepala Divisi Akreditasi Sri Agriyanti Mestari, S.Pd., M.Ed.,TESOL kembali menghadiri kegiatan Assesmen Lapangan Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan (PVKB) yang berlangsung di Gedung Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo 28 Juli 2023. Pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Teknik menerima kunjungan tim asesor BAN-PT, yaitu Dr. Sudjani (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Isnandar, MT (Universitas Negeri Malang).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari tanggal 28-29 Juli 2023. Hari ke-1 merupakan sesi pertemuan dengan UPPS, Penjaminan Mutu, Task Force, Alumni dan Pengguna, serta Dosen. Untuk heri ke-2 merupakan sesi pertemuan dengan tenaga kependidikan, mahasiswa, observasi pembelajaran, sarpras dan kerja mandiri. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua LP3M, Sekretaris LP2M, Ketua Perpustakaan, Perwakilan dari SPI, Kepala Pusat Penjaminan Mutu, Ketua Divisi Akreditasi, Unsur Pimpinan Fakultas Teknik dan Tim Task Force ini resmi dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik UNG Dr. Harto Malik, M.Hum.

Dr. Harto Malik, M.Hum dalam sambutan pembukaan mengatakan, kegiatan AL ini merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi sehingga diharapkan agar seluruh pihak terkait terutama Program studi dapat merespon dengan cepat dan tepat segala hal yang disampaikan oleh tim asesor.

Secara umum, dari hasil observasi dan penilaian asesor prodi PVKB sudah sangat baik terutama sarpras, fasilitas lab, perpustakaan yang sangat memadai dan terbaik di wilayah Indonesia timur. Namun ada beberapa hal yang menjadi arahan untuk prodi ini diantaranya upaya-upaya dalam meningkatkan animo masyarakat/mahasiswa memilih kuliah di prodi PVKB ini.

Saat sesi dengan Penjaminan mutu, Kepala Pusat Penjaminan Mutu menjelaskan siklus pelaksanaan AMI di UNG, dan memperoleh apresiasi baik untuk pelaksanaan SPMI UNG, namun diharapkan untuk meningkatkan dengan melaksanakan SPMI berbasis Sistem Informasi. Pelaksanaan kegiatan berlangsung hingga malam hari pada hari ke-2, penandatanganan berita acara dilaksanakan pukul 20.30 wita.